SITUS GUA PASIR DAN RELIEF PENUH MISTERI DI DESA JUNJUNG, SUMBERGEMPOL

Pos Loket Situs Gua Pasir
Gua Pasir Tulungagung - Siapa Yang tidak kenal atau belum pernah ke Gua Pasir pasti bukan anak muda namanya
( TS juga belum pernah lho ).
Terletak hanya sekitar 10 KM dari pusat kota Tulungagung yaitu di dusun Pasir - desa junjung - kecamatan Sumbergempol - Tulungagung , menjadikan Gua pasir dapat di akses dengan mudah karena medan menuju kesana sudah cukup baik .
     Bicara mengenai Gua pasir menurut info yang kami dapat dari berbagai macam sumber pasti akan sangat diluar pemikiran para pecinta wisata di Tulungagung. Perlu diketahui , walaupun bernama Gua pasir jangan dikira pasti akan banyak pasir nya , sebaliknya Gua pasir merupakan sebuah Lubang Ceruk Besar yang dipahat di lereng batu besar yang terletak di tengah hutan yang masih alami.

Namun bukan Tulungagung jika tempat wisata nya tidak penuh dengan tantangan , karena menuju kesana kita haru melewati undak - undak yang lebarnya sekitar 25 cm dan batu yang jika musim kemarau mungkin cukup mudah dilalui namun jika datang musim hujan pasti akan sangat menantang sekali, apalagi sangat sulit ditemui papan petunjuk arah nya. ( mungkin TS bisa nyasar jika kesana ).
      Selain itu karena letaknya yang berada 80 meter diatas bukit karst pasti cukup melelahkan untuk menundukannya. Gua pasir sudah lama menjadi tempat nongkrong yang aneh bagi kalangan muda Tulungagung, sangat kental berhubungan dengan tempat berpacaran dan melepas lelah dan juga sering ditemui beberapa muda - mudi yang bermesraan disini . ( jangan piki yang aneh - aneh lho ).

       Di sekitar lokasi ini terdapat sebuah makam kuno yang oleh warga setempat disebut dengan Makam Mbah Bodho. Yang menarik, di depan makam kuno ini ada beberapa Arca, umpak, Miniatur bangunan, Padma dan batu-batu kuno yang sayang bentuknya banyak yang tidak utuh.
Ketika Anda sampai di Gua pasir , Anda akan baru mengerti seperti apa Gua pasir itu.


 Berbeda dengan Gua pada umumnya yang memiliki banyak lorong yang saling berhubungan , di Gua pasir tidak memiliki hal tersebut hanya Mulut gua mengarah ke timur laut dengan ukuran panjang 430 cm, lebar 190cm dan dalam ceruk 150 cm .
      lantas Apa yang paling menarik dari Gua Pasir ? Tentu sebuah tempat wisata tidak mungkin dikunjungi jika tidak memiliki sebuah keistimewaan tersendiri begitu juga Gua pasir. Di dalam Ceruk Gua pasir terdapat 3 relief yang dapat dikatakan memiliki penampakan yang cukup Erotis .
    Di mana Di bagian tengah ceruk tampak relief seorang pria yang sepertinya sosok seorang raja, bangsawan atau kesatria dengan didampingi wanita. Sedangkan di bagian kiri dan kanan ceruk juga terdapat Relief bergambar seorang pria gendut yang berbibir tebal dan bersorban sedang berpelukan dengan seorang wanita yang mengenakan perhiasan giwang dan kalung yang cukup besar sedang bertelanjang dada. Pada relief di bagian kiri sosok wanita itu tampak meremas payudaranya sendiri.
    Sedangkan di relief sebelah kanan sosok wanita yang bertelanjang dada itu sudah berpelukan mesra dengan pria gendut bersorban tadi.
Tampaknya relief itu menggambarkan mereka sedang bercumbu. Pada latar belakang relief-relief itu tampak seperti hiasan-hiasan berbentuk lonceng atau genta untuk beribadah dan bentuk gunungan pada wayang kulit.

Mengenai usia situs ini masih sangat minim informasi hanya saja Data yang cukup menarik, menurut catatan peneliti Dr. N.J. Krom dan Verbeek, di situs Gua pasir pernah ditemukan arca batu yang terdapat kronogram Saka 1325 (1403 M) , 1224 (1302M) dan 1228 ( 1306 M ).
Gua ini adalah pertapaan yang digunakan oleh Rajapatni, nenek Hayam Wuruk yang meninggal pada tahun 1350 M dan abu jenazahnya disemayamkan di candi Boyolangu, sekitar 12 km dari lokasi Gua Pasir.
Sedangkan Relief pada ceruk Gua berkisah tentang Arjunawiwaha yang diantaranya tentang penggodaan terhadap Arjuna oleh para  Bidadari. Sementara sosok pria gendut bersorban disebutkan merupakan punakawan Arjuna yang berpakaian seperti pertapa dengan mengenakan sorban di kepalanya. 

      Mungkin Hal inilah yang membuat Gua pasir sangat erat hubungannya sebagai tempat memadu kasih dan romantis bagi kalangan muda - mudi di Tulungagung. Namun , tentu relief ini memiliki nilai estetika dan sejarah yang harus tetap digali. Sayang sekali jika Situs dan tempat wisata ini tidak dikelola dengan baik oleh pihak yang berwenang . Semoga dengan uraian diatas maka akan menambah daftar wisata Kalian agar semakin ingin tahu Tulungagung. masih banyak tempat wisata lainnya ,
Don't miss it. Salam Wisata Tulungagung.

Thanks For Jelajah-nesia.blogspot.com atas sumber utama kami.

Komentar

Posting Komentar