WADUK WONOREJO DI PAGERWOJO, TULUNGAGUNG

Tulungagung memiliki banyak sekali tempat wisata yang erat hubungannya dengan air,selain pantai - pantai nya yang indah,Kabupaten Tulungagung sangat terkenal akan Waduk nya dan tentu yang paling terkenal adalah Waduk Wonorejo yang menjadi destinsai wisata utama setiap pelancong yang datang ke Tulungagung.
Tidak lengkap bagi setiap orang yang belum datang ke waduk Wonorejo ini,karena Waduk ini merupakan salah satu danau buatan terbesar di jawa timur.
Mari kita lihat dan telusuri bagaimana Dan apa waduk wonorejo tersebut.
Sebagian besar info kami dapat dari blog teman yaitu http://tamanwisatawadukwonorejohotelresort.blogspot.com/

Waduk WONOREJO berada di sebelah barat kota Tulungagung, tepatnya di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Waduk ini dikelola oleh Perum Jasa Tirta I yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, pengairan, penyediaan air baku untuk PDAM, industri di daerah hilir, perikanan, olah raga air dan tempat rekreasi/pariwisata, yang dilengkapi dengan penginapan berupa cottage, restoran, kolam renang, gazebo, taman, area camping ground, area pemancingan, speed boat, banana boat, outwardbond dan tempat pementasan seni tradisional.

Kini bukan hanya sebagai kawasan wisata waduk saja yang ditawarkan Taman Wisata Wonorejo. Banyak program wisata lainnya yang bisa dinikmati pengunjung waduk yang dikelola Unit Pariwisata Perum Jasa Tirta I.

Waduk dengan kapasitas tampung sebesar 122 juta meter kubik ini berada 12 km dari pusat kota Tulungagung dan sepanjang jalan kesana ,kita akan disuguhi pemandangan yang indah dan hijau dengan sawah dan pepohonan di kiri dan kanan nya.

Sejarah waduk Wonorejo yang diresmikan ketika mantan presiden megawati masih menjabat ini dapat diketahui kalau Pembangunan Waduk Wonorejo dimulai tahun 1992. Untuk keperluan pembangunan itu, sebanyak 995 keluarga telah dipindahkan dari tempat mereka bermukim.

Waduk ini memiliki sejumlah fungsi penting, antara lain, menyediakan air baku untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surabaya sebanyak delapan meter kubik per detik, mengusahakan pembangkit tenaga listrik 6,02 megawatt, mengendalikan banjir bagi daerah seluas 1.479 hektar, dan mendukung irigasi pertanian untuk sawah seluas 1.200 hektar.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari adanya Waduk ini,selain sebagai wisata yang tentu menjadi pemasukan bagi kabupaten tulungagung dan terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat,waduk ini juga menyediakan air bagi petani,untuk pembangkit listrik,dan masih banyak lainnya.
Di sekitar waduk dibangun banyak tempat rekreasi yang sangat cocok untuk wisata keluarga yang tentu sangat mengasikan.
Soal tempat menginap tidak perlu kuatir karena sudah banyak resor dan hotel yang dibangun di sekitar waduk ini.
Suhu udara di sekitar waduk ini cukup sejuk dan nyaman yaitu sekitar 26 derajat celcius.

Selain alam nya yang indah nikmati pula wisata kuliner dan berbagai permainan yang menantang seperti menikmati kelezatan makanan yang disajikan oleh chef berkelas di Restoran Melati di sekitar Cottage dan Kolam Renang. Atau menikmati kerenyahan makanan lokal khas warung dalam taman wisata yang mahir menggoreng ikan nila dan mujair, kelezatan nila goreng, mujair goreng dan bakarnya memang enak. Restoran juga menyajikan berbagai menu masakan tradisional, Indonesia serta oriental & western yang mengundang selera, dan menu andalan dari resto adalah Iga Sapi Goreng.

Areal Taman Wisata Wonorejo dapat dijadikan arena sepeda gunung bagi mereka yang menyenangi tantangan dan rintangan yang cukup berat, atau sebagai area camping ground bagi wisatawan.

Sarana outwardbond, flying fox, panjat tebing dan olahraga air lainnya melengkapi sarana olahraga di Taman Wisata Wonorejo.

Selain pemandangan Waduk Taman Wisata Wonorejo, kawasan Waduk Wonorejo mampu dijadikan arena ski & jet ski dan ditambah dengan fasilitas water sport banana boat dapat dinikmati oleh wisatawan yang tadinya hanya bisa dirasakan di pantai Sanur dan Nusa Dua Bali. Pada tahun 2009 ini dilengkapi pula dengan perahu wisata yang representatif berkeliling untuk menikmati keindahan waduk.

dan yang tidak kalah penting adalah Gedung Pertemuan melengkapi Taman Wisata Waduk Wonorejo Resort sebagai lokasi wisata Konvensi. Saat ini terdapat 2 (dua) gedung pertemuan yang representatif dengan kapasitas peserta 100 orang dengan mini teaternya.

Fasilitas kolam renang melengkapi kenyamanan wisatawan yang menginap di cottage dan bisa pula untuk wisatawan umum.

Guna meningkatkan layanan, tahun 2009 Taman Wisata Wonorejo telah membangun blockrooms dan country rooms yang lebih representatif. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi permintaan dari wisatawan/pengunjung baik perorangan, grup maupun dari berbagai instansi yang saat ini belum terakomodasi apabila mereka memesan kamar dalam jumlah banyak. Taman Wisata Wonorejo bersiap diri sebagai lokasi wisata konvensi yang terlengkap dan representatif di wilayah Tulungagung Raya

sekian info yang kami dapat dan semoga bermanfaat.

Komentar