MELIHAT SEJARAH DARI SITUS CANDI PENAMPIHAN DI DESA GEGER, SENDANG

situs candi penampihan - tulungagung
Setelah pada kesempatan yang lalu kami membahas candi gayatri ,kali ini kami akan memberikan rekomendasi lagi mengenai wisata sejarah di Tulungagung.
Bukti dari Tulungagung yang sudah cukup maju dan memiliki peradaban tinggi dengan telah adanya beberapa candi di kawasan Tulungagung.
Dari candi gayatri yang berada  di dataran rendah sampai dengan Candi yang bakal kita bahs untuk menjadi list wisata anda ,yaitu situs candi penampihan di Tulungagung.
Berikut penjelasan dan info mengenai candi penampihan yang sudah cukup terkenal di telinga orang Tulungagung.

  Candi penampihan terletak di dusun turi desa geger kecamatan sendang kabupaten tulungagung lebih kurang 32 km dari jantung kota ke arah barat laut. Berada di lereng gunung wilis dengan ketinggihan 815 mdpl. Jalan menuju lokasi saat ini 97 % sudah beraspal korea 2 % aspal biasa dan 1 % rabat beton, jadi kalau kesana membawa sepeda motor bisa langsung nyampek area lokasi candi. Kenapa jalannya bagus dan memadai karena kawasan ini oleh pemda tulungagung dijadikan kawasan agropolitan yaitu kawasan yang khusus untuk memproduksi berbagai tanaman sayur mayur dan saat ini cukup banyak investor lokal dan investor asing yang masuk.

x   Area sekitar candi penampihan sejak jaman kolonial Belanda terkenal sebagai penghasil teh. Hal ini terbukti dari sisa-sisa puing bangunan peninggalan Belanda yang dulu menjadi saksi. Namun semenjak awal tahun 2000an karena harga teh yang tak stabil dan terus merugi perusahaan yang pengelolaannya dibawah Puskopad tersebut gulung tikar. Lahan-lahan yang dulu menjadi kebun teh kini dialih fungsikan untuk menanam tenaman sayur-mayur, Lahan-lahan tersebut kini sudah menjadi milik warga dengan status hak milik. Saat ini masih disisakan lahan sekitar 1 hektar di sekitar situs Candi Penampihan.

        Candi Penampihan merupakan candi Hindu, memiliki 3 teras dengan posisi Candi utama terletak di bagian paling atas. Bentuknya seperti timbunan padi sebagai perlambang kemakmuran. Candi lain bentuknya seperti kura-kura yang dikelilingi arca naga. Mengenai candi yang susunannya berbentuk Kura-kura melambangkan perwujudan dewa-dewa Wisnu. Awalnya di atas candi ada arca Bima namun hilang. Teras kedua untuk tantri. Sedangkan di teras ketiga terletak prasasti. Prasasti tersebut bernama prasasti Tinulat. Prasasti ini ditulis dengan menggunakan bahasa Jawa Kuno dengan cerita yang tertulis di prasasti, candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad 9 hingga 10 pada era kerajaan Mataram Hindu semasa era pemerintahan Dyah Balitung. Tersebut juga dalam prasasti nama Mahesa Lalaten namun tiada sumber yang cukup mengenai siapakah sosok tersebut. “Disebut juga kisah seorang Raja Putri. Diperkirakan raja putri tersebut adalah Dewi Kilisuci, Seorang raja putri dari kediri tertulis di Prasasti ada di bagian bawah. Di candi ini dulunya juga ada arca Dwarapala namun arca tersebut hilang di tahun 2000an. Di sebelah utara ada relief dengan menggunakan gambar 3 ekor Gajah. Ada gambar hewan-hewan yang hidup di daerah ini seperti kera, burung, ular, ayam.

Candi Penampihan dulunya menjadi tempat pemujaan mulai era Mataram Hindu, Singosari, Kediri hingga Majapahit. Di prasasti tersebut tercatat juga nama Wilis yang kemudian dikenal menjadi nama gunung ini. Wilis sendiri artinya hijau, subur.
Konon legendanya Gunung Wilis dulunya merupakan gunung yang aktif. Karena terjadi Samudra Mertana atau pemutaran Air Samudera akhirnya terjadi perpindahan dan memunculkan banyak sumber air yang meredam aktifitas gunung sehingga sekarang Wilis tak lagi aktif.

            Mengenai asal-usul nama candi penampihan berawal dari kisah seorang pembesar dari Ponorogo yang jatuh hati dengan putri dari Kediri yaitu dewi kilisuci. Ternyata lamarannya ditolak kalaupun diterima ada begitu banyak permintaan. Dari Kediri pulang kemudian mampir di daerah ini. Menggunakan candi ini sebagai tempat pemujaan dan menyepi. “ Penampihan artinya penolakan. Bisa juga Tampi menerima namun dengan syarat” .

 bagi anda yang pembur sejarah dan candi ,tentu tidak boleh melewatkan wisata sejarah di Candi penampihan ini .
 Terima kasih kepada blog Orang biasa,biasa banget atas info nya yang lengkap dan ringan sehingga menjadi pilihan kami dalam memberikan rekomendasi candi penampihan ini.
Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Komentar

Posting Komentar