INDAH NYA AIR TERJUN LAWEHAN DI GUNUNG WILIS, SENDANG

air terjun lawehan di sendang - tulungagung
Tulungagung terkenal dengan pantainya yang indah namun bukan hanya pantai yang menjadi satu - satunya wisata alam berupa air yang menjadi tujua destinasi wisata anda.
Tulungagung juga memiliki cukup banyak air terjun da salah satu nya adalah air terjun Lawehan yang indah dan mempesona.

Air terjun Lawehan salah satu potensi wisata Kabupaten Tulungagung, berada di dusun Turi, desa Geger, Kecamatan Sendang. Lebih kurang 25 km arah barat dari kota Tulungagung,Jawa Timur. yang merupakan bagian dari Lereng Wilis dengan ketinggian + 1.200 m diatas permukaan air laut. Untuk menuju lokasi harus berjalan kaki + 3 km melewati indahnya panorama perbukitan, dan sembilan kali menyeberangi sungai di hutan yang masih perawan.

Menurut kepercayaan penduduk setempat, daerah ini dikuasai oleh Mbok Roro Dewi Gangga, Mbok Roro Cenethi, Mbok Roro Wilis, dan Mbok Roro Endang Sampur.

Penduduk setempat juga meyakini, barang siapa yang mandi di air terjun ini akan sembuh dari penyakitnya. Karena khasnya jalan menuju obyek ini, yang naik, turun licin, curam dan menerobos semak belukar, maka sangat cocok bagi mereka yang suka tantangan dan pecinta alam.

Di sisi lain masih di wilayah Sendang terdapat air terjun Pandan Wangi, ketinggian air terjun kurang lebih 30 m berada satu wilayah dengan perkebunan teh Sumber Pandan di Desa Ngelurup.
Karena khasnya jalan menuju obyek ini, naik, turun, licin, curam, dan menerobos semak belukar, maka sangat cocok bagi wisata pendaki dan pecinta alam. Di lingkungan air terjun banyak tumbuh tanaman anggrek.

Tidak jauh dari air terjun Lawean terdapat Candi Penampehan berada di desa Geger Kecamatan Sendang. Untuk menuju candi dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat. Bangunan Candi berteras di lindungi pohan KalpaTaru purba. Lempengan prasasti Raja Balitung adad IX menyebutkan adanya patung “Kili Suci,””Asmoro Bangun “,patung’padi”,Tirta amerta”dipercaya dapat diperca dapat menyembuhkan berbegai penyakit Goa Tan Tek Sue, penginapan Argo Willis ‘Genceng,” dan buah duriah “ Bajul” melengkapi obyek yang membuat terkesan di kawasan Lawean Penampehan Sendang.

Bagaimana,sendang memang alah satu daerah yang memiliki banyak temapt indah dan salah satunya adalah air terjun lawehan ini.
Karena itu jangan sampai terlupa untuk menjadikan air terjun ini salah satu destinasi wisata anda teman.
Sekian info wisata dari kami semoga bermanfaat.
terima kasih kepada wisatanesia.com atas sumber nya.
Menanggapi masukan yang kami terima , sumber photo untuk Air terjun lawehan kami dapatkan dari  Travellers2009.wordpress.com
Terima kasih atas kunjungannya

Komentar

  1. jujur ini tempat pasti indah banget,ada yg mau liat dak

    BalasHapus
  2. ini air terjun yg selatan kan? menyeberangi 9 sungai untuk sampai ke tujuan, kalo pengen ke puncaknya, setelah sungai ke 5 naik langsung

    BalasHapus
  3. wah terimakasih atas kunjungannya mas AMDZ ....sering kesana ya

    BalasHapus
  4. makasih mas sudah direvisi. oiya ada lagi yang goa seloangleng

    BalasHapus
  5. Iya mas , tadi niatnya langsung revisi itu juga tapi kebetulan paketan pas habis , tadi sebelumnya revisi dari hape mas...
    Hahahaa berat dah , besok saya revisi
    Trimankasih

    BalasHapus
  6. Air terjun lawean penampehan sudah tidak berkelok lagi karena aliran atas udah di rubah oleh pemerintah lebih detail buka link dibawah ini
    air terjun lawean penampehan tidak berkelok lagi

    BalasHapus

Posting Komentar